Home » » Ja­minan Askesos pekerja informal di Padang digulirkan 2013

Ja­minan Askesos pekerja informal di Padang digulirkan 2013

Pakar Asuransi -  Ja­minan Askesos pekerja informal di Padang digulirkan 2013 : Kabar gembira ba­gi pekerja informal di Padang. Ta­hun 2013, pekerja informal akan men­dapat ja­minan sosial Asuransi Ke­sejahteraan So­sial (Askesos) dari Ke­menterian So­sial RI.  Mereka yang men­dapat As­ke­sos ini harus meme­nuhi syarat, usia 18-45 tahun, bersta­tus pencari naf­kah utama dan peng­ha­silan lebih kurang Rp 800 ribu per bu­lan.

“Askesos ini bertujuan mem­be­ri­kan jaminan bantuan ke­pada pe­ker­ja informal yang me­ngalami mu­si­bah, berupa jaminan kece­lakaan dan jaminan kematian. Selain itu, ke­gia­tan ini juga untuk mem­budayakan ge­mar menabung karena syarat uta­manya untuk masuk dalam kegiatan ini adalah mempunyai tabungan,” ujar Kabid Bantuan Jaminan Sosial (Ban­jamsos) Dinsosnaker Padang, Mi­ral Masri saat Pelatihan Bimbi­ngan Motivasi dan Pemantapan Pem­binaan Jamsos di Wisma Taka­na Juo, kemarin.  Pelatihan ini diikuti 50 peserta dari sejumlah lembaga pengelola As­ke­sos dari organisasi sosial, yaya­san dan koperasi.

Kabid Khusus PT Jamsostek Pa­dang, Muhammad Riadh me­nye­but­kan Askesos, ben­tuk perlindungan negara ter­hadap war­ganya yang tidak mam­pu mem­bayar premi agar mam­­pu meme­li­hara dan mem­per­tahankan taraf ke­se­jahteraan sosial­nya.  Dalam hal ini, negara mem­b­a­yar­­kan premi kepesertaan asuransi Rp 10.400 per bulan dikali 12 bulan, jadi Rp 124.800 per jiwa per tahun dari pekerja sektor informal.
Share this article :

Posting Komentar

 
Copyright des 2012. Pakar Asuransi - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger